Senin, 14 Juli 2014

Yohanes 1:1

Kata "FIRMAN" yang merujuk kepada Yesus adalah salah satu gelar yang diberikan kepada-Nya, ketika inkarnasi-Nya di dunia.

Ada banyak gelar yang diberikan kepada Yesus selama inkarnasi-Nya, seperti, Anak Allah, Anak Manusia, Anak Domba, Anak Daud, Bapa Yang Kekal, Raja Damai, Penasihat Ajaib, Allah Yang Perkasa, dst.

Untuk gelar "FIRMAN" sendiri untuk pertama kalinya disebut dalam kitab Penubuat Yesaya,

55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 

Berbicara tentang Yesaya 55, Allah berbicara soal Kedatangan Yesus Kristus.

Dalam nubuat di atas, Allah jelas mengatakan bahwa "firman yang keluar dari mulut-Nya" --maksudnya adalah Roh yang keluar dari Allah, sebagai Hakikat, yaitu Roh yang Kudus, yang Ia utus -- "tidak akan kembali dengan sia-sia" -- sudah jelas Roh tersebut tidak akan kembali dengan kegagalan, sebaliknya Ia akan melakukan kehendak yang mengutus-Nya, yaitu Hakikat-Nya dan Allah menjamin keberhasilan segala yang disuruhkan-Nya --

Nah, akhirnya kita berbicara soal "Allah Hakikat" dan "Allah Roh". Misal, pada hari minggu ada banyak Gereja yang melayani di seluruh dunia, pertanyaannya, apakah eksistensi Allah hanya bisa di satu tempat ? Atau sebaliknya Allah eksis di semua Gereja??? Ada pun eksis dalam waktu yang sama.

Tentu saja bisa. Sebab Allah itu Esa namun memiliki banyak Roh, Allah Yang Esa itu adalah Hakikat-Nya, sedangkan Roh adalah Keesaan Dia yang tak terhitung banyaknya.

Contoh lainnya lagi, dalam sebuah kota terjadi bencana alam, apakah Allah harus menyelamatkan jiwa yang satu dulu baru dapat menyelamatkan jiwa yang lain?

Demikianlah sabda pada Yohanes 1:1, secata khusus berbicara tentang Yesus Kristus sebagai "Firman Allah" - namun eksistensi sebenarnya adalah Roh yang menjadi daging -, pada mulanya Dia ada bersama-sama dengan Allah, yang berartiberasal dari Hakikat, dan ditegaskan lagi bahwa Firman itu adalah Allah itu sendiri.Allah itu Esa dalam Ketritunggalan-Nya Yang MahaKudus. Sebab Allah Tritunggal bukan berbicar tentang jumlah allah, melainkan tentang Pribadi (Roh) Allah yang Esa tiada terbilang banyaknya dan satu tiada bandingannya itu.Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar