Senin, 14 Juli 2014

Yohanes 3:6

NazareanHati Sebagai Hamba << Tanggapan: Sudah jelas bukan bahwa saya telah mengatakan bahwa eksistensi Yesus sesungguhnya adalah "Roh Allah" itu sendiri ??? Dan: Firman, Anak Domba, dst adalah gelar bagi-Nya. 

<<< bukan kah yesus sendiri berkata : roh melahirkan roh dan daging melahirkan daging?....bagaimana bisa roh melahirkan daging? apa yg dilahirkan oleh daging adalah daging, dan apa yg dilahirkan roh adalah roh ( yohanes 3:6) jika Allah adalah Roh , knpa anda malah menuhankan yesus yg berdaging dan bertulang?...

Tanggapan:
Wah, saya kira Anda memahami sepenuhnya sama seperti Anda memahami makna gelar yang diberikan kepada Yesus -- bukan makna sebenarnya --. Ternyata Anda tidak beda dengan Muslim lain ya :)

Kalau begitu situasinya, kita cross-check langsung dengan perikop yang Anda gundah-gulanakan,

3:1. Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi.
3:2 Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya."
3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Bagaimana menurut Anda sampai sini?
Membaca istilah dilahirkan kembali, apakah asumsi Anda juga sama seperti di atas, bahwa haruslah orang itu kembali ke rahim ibunya seperti yang disangka Nikodemus ??? :D

Nexttt,,

3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?" 
3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 

Bagaimana pula yang satu ini? Lahir dari "air" ??? Apakah berarti bahwa orang itu harus diperanak oleh segenang air ??? Ckckck.

3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh." 
3:9 Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?" 
3:10 Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? 
3:11 Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. 
3:12 Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi?
3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. 
3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 
3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. 
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
3:19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.
3:20 Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;
3:21 tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah."

Nah, sebenarnya kalau Anda meluangkan waktu untuk membaca seluruh kop, Anda tidak akan digalaukan dengan ayat di atas, karena deskripsi lebih lanjut mengenai ini ada kok di ayat kelanjutannya.

Bahwa "daging" yang dimaksud, bukanlah "daging" kemanusiaan ini, "daging" dalam Alkitab maknanya adalah "kejahatan" sedangkan "roh" adalah "kebaikan".

* Galatia 5:19, 22
19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu percabulan, kecemaran, hawa nafsu, ...
22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, ....

Jadi, maksud ayat 6 ini,
3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

Adalah bahwa kejahatan (kedagingan) yang kita perbuat (lahirkan) adalah hasilnya tetap kejahatan, sebaliknya kebaikan yang kita perbuat mendatangkan sukacita. Dan tentu saja ini tidak ada hubungannya dengan permasalahan kita tadi.

Dan pula, melalui perbuatan "roh" inilah kita dapat dilahirkan kembali, dan makna "Air" sendiri adalah "pembaptisan" atau "Roh Kudus", di mana seorang yang mau dikatakan lahir kembali haruslah berbuat seperti pada ayat-ayat selanjutnya (berpayungkan "kerohanian") dan menerima Roh Kudus (pembaptisan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar